publikasi.id merupakan layanan jasa yang berfokus pada publikasi jurnal baik internasional maupun nasional. Tidak hanya jasa publikasi saja tetapi dari pembuatan artikel, terjemah bahasa inggris, pembuatan power point ujian, desain, jurnal skripsi, jurnal tesis, dll. Terbukti dari banyaknya pengguna jasa kami, bisa anda temukan di kolom testimoni.

Read more

Thursday, September 3, 2015

6
 
Hasil olahan ketela pohon yang unik berwarna hitam, masyarakat Tulungagung menyebutnya dengan nama Gatot. Kuliner di Tulungagung ini sebenarnya banyak terdapat di daerah-daerah lain tetapi kita membahasnya kota Tulungagung. Sebenarnya saya sendiri belum tahu asal mula makanan bernama Gatot ini, kenapa dinamakan Gatot, Asal gatot dari mana, saya masih belum mengerti. Gatot merupakan kuliner tradisional yang sudah terkenal sejak puluhan tahun. Gatot memiliki warna yang buruk atau bisa dibilang ini tidak termasuk kuliner dengan tampilan yang cantik. Warna hitam yang dimiliki Gatot dikarenakan hasil fermentasi jamur. Karena sebelum di olah Ketela Pohon ini di didiamkan selama beberapa hari agar kering sehingga saat proses itu ketela pohon mengalami proses fermentasi. Gatot paling nikmat saat di sajikan ketika masih hangat dengan taburan parutan kelapa dan sedikit garam. Mungkin untuk pembuatan singkong ini membutuhkan waktu yang sangat  lama tetapi jika anda membelinya langsung di pasar tradisional anda akan mendapatkan dengan harga yang sangat murah. Gatot ini biasanya memang di jual di setiap pasar tradisional di Tulungagung.

6 comments:

  1. wah ternyata di Tulungagung namanya juga gatot ya... ane kira cuma di Solo aja yang namanya gatot... enak deh gatot itu,,, bagi yang mampir Tulungagung ga ada salahnya buat nyempetin makan gatot...

    ReplyDelete
  2. wah jadi pegan ke tulung agung nih,,,nyam,nyam,nyam...

    ReplyDelete
  3. jadi pingin ke Tulungagung neh coba gatotnya sama gak dengan yg di Jogja

    ReplyDelete
  4. sama aja gatot itu, toh buatnya dari ketela, banyak kok di pasar tulungagung yang nyediakan makanan kas tulungagung gatot, gaplek dll

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat masa kecil...! gatot oh gatot ternyata masih ada juga sampai sekarang.

    ReplyDelete
  6. Gatot memang makanan yang enak aku suka beli kalau pas ke pasar rasanya bener-bener enak.

    ReplyDelete