publikasi.id merupakan layanan jasa yang berfokus pada publikasi jurnal baik internasional maupun nasional. Tidak hanya jasa publikasi saja tetapi dari pembuatan artikel, terjemah bahasa inggris, pembuatan power point ujian, desain, jurnal skripsi, jurnal tesis, dll. Terbukti dari banyaknya pengguna jasa kami, bisa anda temukan di kolom testimoni.

Read more

Thursday, September 3, 2015

3
 
Mungkin masyarakat jawa sudah familiar dengan yang namanya jenang, Tetapi di kota Tulungagung ada jenang yang unik dan rasanya sedap dan nikmat. Kuliner khas kota Tulungagung ini biasa disebut dengan Jenang Grendol. Jenang Grendol ini terbuat dari tepung kanji, umumnya makanan khas ini disajikan bersama dengan Jenang Baning yang terbuat dari tepung beras serta Jenang Ketan dari bubur ketan hitam. Secara terpisah Jenang Grendol disajikan dengan kuah santan karena karakter jenang itu sendiri yang sudah manis namun apabila dicampur akan diberikan kuah gula jawa/gula aren yang umum disebut Juruh. Jenang Grendul biasa juga menggunakan singkong. Singkong potong kotak kemudia dilumuri lumuran tepung kaanji dengan gula aren sebagai campuran membuat grendol. Jenang ini menjadi favorit warga Tulungagung sudah lama sekali. Sudah sejak lama jenang ini di jual di pasar tradisional. Tapi semakin lama semakin sedikit yang menyajikan jenang grendol. kalaupun ada yang menjual jenang pasti jenang itu tidak ada grendulnya. Grendul sendiri merupakan tepung kanji yang dibentuk kotak dengan dicampurkan gula aren di dalamnya. Grendul bisa menggunakan singkong akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin dengan kuah santan.

Jika anda ingin menikmati makanan ini datang aja ke PINKA biasanya ada yang jual disana, sekitar sore hari sampai malam, disana menjual banyak sekali makanan khas tulungagung. Ada juga di pasar tradisional di tulungagung biasanya menyediakan jajanan ini.

3 comments: